Headlines News :
Home » » Pj Gubernur Jabar Melarang Perundungan Saat MPLS

Pj Gubernur Jabar Melarang Perundungan Saat MPLS

Written By Liputan Jabar on Senin, 15 Juli 2024 | Senin, Juli 15, 2024


BANDUNG, LiputanJabar - 
Pj. Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin melarang tindak kekerasan dan perundungan saat membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA, SMK, SLB Jawa Barat Tahun 2024 di SMAN 5 Kota Bekasi, Senin (15/7/2024).

“Dalam MPLS ini tidak boleh ada kekerasan ataupun perundungan. Saya tidak percaya bahwa siswa disiplin harus dididik menggunakan kekerasan. Jangan sampai ada perundungan. Jika sampai ada perundungan, sampaikan ke orang tua, guru BK atau wali kelas yang ada di sekolah,” tegasnya, didampingi oleh Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, M. Ade Afriandi.

Pj. Gubernur meminta semua peserta harus bergembira. “Kalian adalah calon pemimpin masa depan, jadi harus semangat di sekolah yang baru!” ajaknya.

Ia pun berpesan agar para siswa membangun karakter yang kuat sejak awal, jujur, dan bertanggung jawab untuk membangun generasi yang baik dengan karakter yang baik.

 

“Jangan lupa juga belajar. Ikuti seluruh kegiatan dan aktif dalam organisasi OSIS, ekstrakurikuler, kesenian maupun olahraga,” pesannya.

Selain itu, ia mengapresiasi Plh. Kadisdik Jabar, para kepala sekolah serta Kepala Cadisdik Wilayah I-XIII yang sudah melaksanakan PPDB tahun ini dengan jujur.

MPLS Hari Pertama di SMKN 1 Karawang

Senada, Plh. Kadisdik menegaskan, di sekolah tidak boleh ada kekerasan dan perundungan. “Harus belajar menerima dan menghargai perbedaan. Terpenting, saling membantu dan jangan berbohong,” pesannya pada hari pertama MPLS di SMKN 1 Karawang.

Menghina, mengejek, membeda-bedakan, lanjutnya, tidak boleh dilakukan. Baik dari segi fisik atau apa pun, harus belajar menghargai perbedaan. “Oleh karena itu, jangan lakukan bully,” tegasnya.

Monitoring Hari Kedua MPLS

Pada MPLS hari kedua, Pj. Gubernur dan Plh. Kadisdik kembali memberikan pesan dan arahan di SMAN 1 Parongpong, SMKN 1 Cisarua, SMAN 1 Cisarua, dan SMAN 1 Batujajar, Kab. Bandung Barat, Selasa (16/7/2024).

Plh. Kadisdik kembali mengingatkan, selain harus menyenangkan di masa pengenalan lingkungan sekolah, tidak boleh ada senioritas di sekolah, yang boleh adalah tata krama. Sepintar, sejenius, sehebat, dan seluar biasa apa pun anak-anak, tapi kalau tidak punya tata krama, apa jadinya?

“Kenapa harus punya tata krama? Karena, tata krama itu penting. Kalau memang melakukan salah, akui. Makanya, dalam MPLS bukan hanya kenal dengan lingkungan sekolah dan kakak kelas, tapi juga harus kenal dengan diri sendiri. Sebagai orang yang paling muda, hormati diri sendiri dan orang lain. Yang sudah jadi kakak kelas, harus menyayangi adik kelasnya,” pesannya.

Kegiatan MPLS ini diikuti seluruh peserta didik SMA, SMK, SLB negeri dan swasta di Jawa Barat dan dilaksanakan mulai tanggal 15-17 Juli 2024.

Adapun materi yang diberikan, yaitu Wawasan Wiyata Mandala untuk memberikan pandangan atau sikap yang mendalam tentang suatu hakikat; belajar efektif; kesadaran berbangsa dan bernegara; pendidikan karakter, tata krama siswa; kegiatan kesiswaan, seperti kepramukaan dan ekstrakurikuler serta Profil Pelajar Pancasila.

Diharapkan, MPLS dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan lingkungan belajar yang berkualitas, nyaman, dan inklusif bagi semua.


Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One